DESA BANARAN

Desa Banaran adalah salah satu desa di Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. Desa ini memiliki 2 dusun yaitu Dusun Krajan, dan Dusun Kanigoro. Dengan memiliki 4 RW dan 17 RT. 

Mata pencaharian utama warga desa sebagian besar adalah petani.  Beberapa warga juga menjalankan usaha mulai dari makanan ringan hingga usaha konveksi. Karena keuletan dan kreativitas yang tinggi, produk yang dihasilkan oleh warga tentunya mempunyai kualitas yang sangat baik.

Sejarah

Menurut cerita yang berkembang di kalangan masyarakat dan berdasarkan bukti yang berupa petilasan, makam dan artefak yang berada di Makam Gunung Cilik di wilayah Desa Banaran. Diketahui awal mula Desa Banaran terjadi pada masa penjajahan Belanda. 

Diceritakan ada tiga orang pengawal Diponegoro yang melarikan diri. Ketiga orang tersebut bernama Mbah Ismail, Mbah Nongso dan Mpu Supo Banaran. Mereka menemukan suatu perkampungan kecil yang sekarang ini menjadi wilayah dukuh Sukorejo.

Dari ketiga pengawal tersebut, yang paling sepuh adalah Mbah Ismail dan makamnya berada di Gunung Cilik Banaran. Banyak warga yang mengakui bahwa sesepuh desa Banaran adalah Mbah Ismail dan beliau disebut juga Dayangan Desa Banaran. Sedangkan nama Banaran itu sendiri diambil dari nama Mbah Supo Banar yang merupakan teman dekat Mbah Ismail dengan harapan terus bersinar sampai akhir jaman. Sedangkan Mbah Nongso sendiri ditugaskan untuk membersihkan dan mengembangkan desa bagian timur yang sekarang dikenal sebagai pedukuhan Kanigoro.

Itulah nama dukuhan yang menjadi desa Banaran sampai sekarang. Ketiga tokoh tersebut dimakamkan di pemakaman Gunung Cilik desa Banaran. Disanalah terdapat peninggalan berupa makam tua dan artefak yang bentuknya semacam batu untuk mengasah pusaka.

Wilayah Desa

0
Dusun
0
Rukun warga
0
Rukun tetangga
Wilayah Dusun
Batas Wilayah

Visi & Misi

Terwujudnya Kesejahteraan Masyarakat Tulungagung Melalui Peningkatan Sumberdaya Manusia Yang Profesional Berdasarkan Iman Dan Taqwa

  1. Peningkatan pelayanan pendidikan yang murah dan berkualitas serta pelestarian/pengembangan kebudayaan.
  2. Peningkatan pelayanan di bidang kesehatan yang murah dan berkualitas. 
  3. Mewujudkan pemerintahan yang bersih dan baik, transparan, akuntable, responsif dan demokratis.
  4. Peningkatan pembangunan infrastruktur yang berbasis pemerataan pembangunan dan pengembangan wilayah untuk mendorong percepatan pembangunan sektor – sektor yang lain. 
  5. Pembangunan ekonomi kerakyatan berbasis (UKM, pertanian, peternakan, perikanan, dan pariwisata serta perkebunan) melalui kegiatan kewirausahaan.
  6. Pengentasan dan penanggulangan kemiskinan dengan pola terpadu.

Perangkat Desa

PERIODE JABATAN TAHUN 2019-2024

ANDRI SUPRAMBODO

Kepala Desa

AGUS PIANTORO

SEKRETARIS DESA

SUHANDI

BENDAHARA DESA

GUSTIKASARI

KASI PEMERINTAHAN

IMAM ABIDIN

KASI KESEJAHTERAAN DAN PELAYANAN

GATOT SUBAGYO P.

KASUN KRAJAN

SURYANTO

KASUN KANIGORO

PURWIANTO

STAF KASI PEMERINTAHAN

YUNANIK

STAF KASI PELAYANAN DAN KESRA

Ingin Tahu Statistik Desa?

Semua data statistik tentang desa