PELATIHAN DAN PEMBEKALAN RELAWAN PENDATAAN SDGS DESA

Banaran, Kamis 08 April 2021

 

 

 

Bertempat di Balai Desa Banaran, telah dilaksanakan Pelatihan dan pembekalan kepada Relawan Pendataan SDGs di Desa Banaran. Kegiatan ini dihadiri oleh Pendamping Kecamatan Kauman, Pendamping Lokal Desa, Bhabinsa, Bhabinkamtibmas Desa Banaran, dan tentunya Kelompok Kerja Pendataan Penduduk SDGs Desa.

 

 

Adapun kegiatan tersebut dilakukan secara langsung kepada relawan pokja SDGs desa yang dalam praktiknya dilakukan secara manual melalui kuesioner yang kemudian hasil dari survey kuesioner tersebut di-input ke system melalui aplikasi SDGs. Pendataan penduduk seperti sangatlah penting untuk mengetahui gambaran pembangunan desa, gambaran demografis Desa Banaran dan sangat berpengaruh untuk dasar acuan pembangunan desa ditahun kedepannya.

Sustainable Development Goals atau lebih singkatnya SDGs merupakan program baru dalam pembangunan dan pendataan kependudukan yang akan masuk dalam program prioritas Dana Desa tahun 2021. Merujuk pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, maka terdapat 17 Tujuan dan Sasaran pembangunan melalui SDGs Desa yaitu seperti logo di atas.

SDGs merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, guna mengurangi kemiskinan. mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *